Info Kesehatan

TENAGA KESEHATAN RSIA. SITTI KHADIJAH 1 MUHAMMADIYAH CABANG MAKASSAR DAPAT PELATIHAN BASIC LIFE SUPPORT (BLS) PADA ANAK

Sabtu 2022-08-25 22:32:00

TENAGA KESEHATAN RSIA. SITTI KHADIJAH 1 MUHAMMADIYAH CABANG MAKASSAR DAPAT PELATIHAN BASIC LIFE SUPPORT (BLS) PADA ANAK

Selain mendapatkan pelatihan kegawatdaruratan neonatal, tenaga kesehatan RSIA. Sitti khadijah 1 Muhammadiyah Cabang Makassar juga mendapat pelatihan Basic Life Support (BLS) pada Anak yang berlangsung di Aula lantai 6 RSIA. Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Cabang Makassar, Kamis 25 Agustus 2022. BLS atau Basic Life Support dikenal sebagai Bantuan Hidup Dasar (BHD), dimana merupakan usaha yang dilakukan untuk mempertahankan kehidupan pada saat pasien mengalami keadaan yang mengancam jiwa, utamanya pada bayi. Selanjutnya, yang terakhir, sebagai penolong semestinya tidak panik, ini agar tidak salah mengambil tindakan dalam menolong. Pada kesempatannya, narasumber juga memberi waktu kepada para peserta untuk latihan Cardio Pulmonary Resusication (CPR) atau teknik kompresi dada yang merupakan usaha untuk mengembalikan fungsi pernafasan dan fungsi sirkulasi dengan menggunakan CPR Manikin.

Dr. dr. Idham Jaya Ganda, Sp.A(K) merupakan Dokter Spesialis Anak sekaligus Konsultan Neonatologi hadir selaku pemateri. Disini beliau memaparkan bahwa langkah awal yang semestinya diambil apabila terjadi kasus kegawatdaruratan neonatal yaitu scane survey. Yang pertama, harus mengecek kondisi pasien.

“Jadi sebagai pertolongan awal, selain melihat kondisi pasien, sebagai penolong harus ingat untuk meminta pertolongan seperti menelpon ambulance, itu yang kedua. Jangan mentang-mentang kita sudah mendapat pelatihan BLS kita merasa mampu untuk menangani sendiri, ingat bahwa pertolongan kita hanya bersifat sementara, yang mana pertolongan sebenarnya ada di rumah sakit.” Urainya.